Rabu, Februari 20, 2008

Posisi Bayi dalam Rahim (bagian 2)

Setiap janin dalam rahim bisa berbeda-beda posisinya. Posisi yang umum dan jadi favorit setiap bayi adalah posisi Left Occipito Anterior (LOA), di mana bayi terbaring telungkup dengan punggung berada di bagian depan. Posisi lainnya yang juga umum adalah posisi janin berbaring dengan punggung menghadap sisi kiri. Namun, bagaimana jika posisi bayi sungsang, atau posisi janin kembar? Spesialis kebidanan dan kandungan Dr. Andrew Setiawan dari RSIA Hermina Podomoro menjelaskan untuk Anda:

Breech (Sungsang)
Jika bayi dalam posisi sungsang, ia akan berbaring dengan pantat berada di bawah. Posisi sungsang penuh, adalah posisi duduk dengan kaki yang membelit. Posisi sungsang yang sempurna (biasa terjadi pada anak pertama) mempunyai kaki yang panjang dan ditekuk hingga ke kepala. Sedang sungsang footling, mempunyai satu kaki atau keduanya berada di bawah bokongnya.

Jika bayi Anda sungsang, kepalanya akan keras dan berputar di bagian atas rahim. Namun walaupun banyak dokter yang telah berpengalaman, bisa saja mereka salah menyimpulkan. Jadi jika mereka menyarankan untuk operasi cesar, mintalah untuk melakukan ultrasonografi (USG) buat memastikan posisi bayi. Untuk membantu memutar posisi bayi, posisi bersujud atau nungging di atas bantal atau kasur yang empuk dengan panggul yang lebih tinggi dari kepala Anda, akan membantu pantat bayi bisa dengan mudah menggeser dari pelvis.

Mengatasi Bayi Sungsang
Jika bayi Anda berada dalam posisi sungsang, dokter mungkin akan berkeinginan untuk memutarnya. Hal ini dikenal dengan nama External Cephalic Version (ECV), dengan menempatkan tangannya pada perut ibu dan perlahan mencoba memutar janin sampai kepala di bawah, semuanya dilakukan dibantu dengan USG. Cara ini efektif pada sekitar 70% kasus, dan menghindari operasi cesar yang tidak perlu. Setelah posisi bayi diketahui dengan pasti, dokter akan berupaya memperbaiki letak bayi lewat perut Anda. Ini butuh waktu sekitar setengah jam dan mungkin terasa kurang nyaman, walaupun tidak sakit.

ECV sangat bergantung dengan keahlian dokter yang menangani. Dalam memperbaiki posisi ini, kepala bayi bisa teraba dan rahim Anda dalam keadaan rileks (sebelumnya Anda mungkin akan mendapatkan obat peregang terlebih dulu). Jika gagal memperbaiki untuk pertama kalinya, dokter mungkin akan mencobanya kembali dalam beberapa hari. Atau menyarankan lahir dengan operasi yang relatif lebih aman.

Bisakah bayi sungsang dilahirkan pervaginam?
Bisa saja dengan syarat janin memiliki kondisi seperti: bayi sungsang dengan kaki terlipat lurus ke arah wajah; bayi cukup kecil (di bawah 3 kg) tapi tak terlalu kecil (2,25 kg) karena persalinan pervaginam bisa berisiko besar; tidak terdapat plasenta di bawah ('placenta previa'); bayi terbelit tali umbilikal atau gangguan lain; ibu tidak memiliki masalah medis; janin sudah masuk ke rongga panggul; kepala janin tak menengadah tapi menunduk ke arah dada. Jika ini dipenuhi, persalinan pervaginam bisa dilakukan. Namun, meski demikian, dokter dan semua anggota keluarga sudah siap jika diperlukan pembedahan cesar.

Posisi bayi kembar
Posisi yang paling baik dan paling umum pada bayi kembar adalah bila kedua kepala mereka mengarah ke bawah. Posisi tidak terlalu baik bila kepala salah satu si kembar ke bawah, dan yang lainnya dalam posisi sungsang. Yang mempunyai posisi kepala di bawah, biasanya akan lahir terlebih dulu, membantu membuka jalan keluar bagi saudaranya. Jika keduanya dalam posisi sungsang atau yang satunya dalam posisi baik, namun yang satunya dalam posisi melintang, kemungkinan besar dianjurkan penanganannya dengan operasi cesar.

Meningkatkan posisi terbaik
Berikut ini ada beberapa tips mempergunakan gravitasi untuk meningkatkan posisi bayi menjadi posisi anterior, yaitu posisi yang paling baik untuk persalinan. Jika bayi Anda telah menempati posisi terbaik, cara ini akan mempertahankan posisi janin. Tips ini intinya adalah meminta Anda untuk menyandarkan panggul saat berdiri, duduk dengan lutut melebar dan lebih rendah dari panggul, serta berbaring dengan posisi
menghadap ke kiri.

* Bila duduk, duduklah di atas bantalan dan sandarkan panggul di meja.
* Seringlah berdiri di depan lemari atau dinding, dan sandarkan bagian depan dada Anda pada lemari atau dinding.
* Duduklah dengan menghadap sandaran sofa atau berlututlah di lantai.
* Taruhlah bantal di belakang Anda dan bersandarlah di atasnya.
* Bila tidur atau berbaring di kasur atau sofa, usahakan dalam posisi miring ke kiri.

Tahukah Anda?

* Kebanyakan, walaupun tidak semua, bayi akan berada di posisi sungsang pada usia kehamilan 28 minggu, duduk di dalam kandungan dengan kepala masuk di bawah tulang rusuk Anda.
* Setelah sekitar 32 minggu pada kehamilan bayi pertama, dan usia 34 minggu pada kehamilan berikutnya, kebanyakan kepala janin akan memutar turun dengan sendirinya. Hingga saat ini belum ada yang mengetahui, apa yang membantunya melakukan manuver ini.
* Posisi yang paling nyaman untuk si kecil selama dalam kandungan adalah berbaring dengan punggung yang menghadap sisi Anda.

Tidak ada komentar: