Senin, Februari 04, 2008

16 Kondisi Darurat Saat Hamil

Ibu hamil disarankan agar tidak terlalu cemas jika kandungannya mengalami gangguan ringan. Namun ibu hamil sangat disarankan agar tetap waspada terhadap perkembangan kandungannya.


Apakah gejala-gejala yang perlu diperhatikan itu?

1. Jika mengalami sakit perut hebat dan bertahan dalam waktu yang panjang

2. Terjadi perdarahan atau bercak darah keluar dari vagina

3. Perubahan cairan vagina, yaitu; cairan lebih lengket, atau bercampur darah.

4. Merasakan tekanan pada panggul, sakit di punggung bagian bawah, atau kram sebelum usia kehamilan memasuki minggu ke- 37.

5. Merasa sakit pada saat buang air kecil, dan disertai rasa terbakar.

6. Urin tersendat atau tidak keluar sama sekali.

7. Muntah berat berulangkali, disertai demam.

8. Menggigil atau demam. Suhu tubuh mencapai 38,3 C.

9. Rasa gatal -- yang menetap -- di seluruh tubuh, khususnya jika dibarengi kulit tubuh menguning, urin berwarna gelap, dan feses berwarna pucat.

10. Mengalami gangguan penglihatan secara tiba-tiba, seperti; pandangan ganda, buram, atau ada titik mata yang terasa silau jika memandang sesuatu.

11. Sakit kepala hebat yang bertahan lebih dari 2-3 jam.

12. Pembengkakan akibat pengumpulan cairan (edema) pada tangan, wajah dan sekitar mata, atau penambahan berat badan yang tiba-tiba, sekitar 1 kilo atau lebih, yang tidak berkaitan dengan pola makan.

13. Kram yang menetap pada kaki atau betis, yang tidak mereda ketika ibu hamil menekuk lutut.

14. Gerakan janin berkurang. Sebagai panduan umum, jika terjadi kurang dari 10 gerakan dalam 2 jam pada kehamilan minggu ke-26 atau lebih, berarti kondisi janin tidak normal

15. Trauma atau mengalami cedera pada daerah perut.

16. Pusing akut hingga pingsan.

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala yang telah disebutkan di atas, segera telepon dokter. Jika ada masalah, ibu hamil akan mendapat pertolongan segera. Kalaupun ternyata kandungan baik-baik saja, maka ibu akan merasa aman karena telah memastikan kondisi kehamilannya pada orang yang tepat.

Tidak ada komentar: