Rabu, Juni 04, 2008

Mengapa PutraPutri anda berperilaku buruk?

Berperilaku buruk seperti berkelahi, rewel dan menangis pada anak usia 2 - 3 tahun seringkali adalah cara efektif untuk mendapatkan perhatian orang tua. Aturan dasar yang harus dilakukan adalah sbb:

* Bertindak saat itu juga
* Hilangkan sumber pertengkaran
* Pindahkan anak anda dan lakukan dengan tegas
* Di saat yang sama arahkan perhatian anak anda pada mainan atau aktivitas lainnya
* Konsisten dan tegas, dan bukan marah sehingga anak anda mendapatkan pesan yang jelas bahwa dia tidak diperbolehkan berperilaku seperti itu

Kadang-kadang perilaku buruk sebaiknya diabaikan (ignored). Jika anak anda tahu bahwa dia tidak akan mendapatkan perhatian dengan berperilaku buruk, dengan sendirinya dia akan berhenti melakukannya.

Merengek/rewel juga sebaiknya diabaikan termasuk jika anak anda berguling-guling di lantai. Jika perlu, tempatkan anak anda sendirian ke suatu tempat yang aman sampai dia tenang.

Perilaku buruk harus dihukum, tetapi yang lebih penting adalah memberikan reward atas perilaku yang baik. Reward yang paling baik adalah memberikannya waktu, perhatian dan kasih sayang anda. Pujian dan pelukan akan membuat anak anda merasa senang dan spesial.

Jangan biasakan PutraPutri anda mendapatkan perhatian lebih jika berperilaku buruk dibandingkan dengan jika berperilaku manis. Anda harus memberikan penghargaan jika ia berperilaku baik. Hal ini akan mendorong PutraPutri anda untuk melakukannya lagi.

Dengan memberi penghargaan atas perilaku baiknya, anda memberikan pelajaran yang baik dan bermanfaat bagi PutraPutri anda.

Perilaku buruk harus dihukum saat itu terjadi agar ada hasilnya. Mengancam anak anda agar tidak melakukannya lagi adalah tidak bermanfaat. Jika tidak dilakukan saat itu juga, batita tidak akan mengerti mengapa ia dihukum.

Jika perilaku buruk tersebut dilakukan secara terus menerus dan tidak lagi dapat diabaikan, atau anak anda sudah mulai histeris, hukumannya adalah menempatkan anak anda sendirian ke suatu tempat yang aman selama 15 menit akan membuatnya tenang kembali.

Memukul PutraPutri anda bukanlah tindakan yang tepat untuk menghilangkan perilaku buruk. Sebaliknya, itu adalah pertanda bahwa anda sudah mulai kehilangan kendali. Pukulan tidak akan menghentikan anak anda untuk melakukannya lagi. Apakah anda akan memukulnya dengan lebih keras? Dengan melakukan ini, PutraPutri anda akan belajar bahwa kekerasan boleh digunakan untuk memaksakan kehendaknya pada orang lain.

Ketika perilaku buruk anda sudah sangat sulit diatasi, ajaklah PutraPutri anda berjalan-jalan di taman, shopping ke supermarket, atau mengunjungi temannya. Kegiatan itu akan merubah suasana hati anda dan PutraPutri anda.

Tidak ada komentar: